Sinopsis Novel Bumi Cinta – Habiburrahman El Shirazy

Sastra Angkatan tahun 2000

Karya: Habiburrahman El Shirazy

Ini adalah kisah seorang seorang mahasiswa indonesia yang melakukan sebuah penelitian di negara Rusia, tepatnya di ibukotanya yang bernama Moskow.

Nama mahasiswa tersebut adalah Muhammad Ayyas. Teman-teman serta keluarganya kerap memanggilnya dengan panggilan Ayyas.

Karena hendak melakukan sebuah penelitian, Ayyas memutuskan untuk menuju ibukota Rusia yaitu Moskow.

  • ~

Ketika pertama sampai di kota tersebut, waktu itu sedang musim dingin.

Di Bandara Sheremetyevo salju berterbangan dan melayang turun perlahan tidak menghalangi arus lalu lalang banyakny orang di bandara besar itu.

Ayyas dijemput oleh Devid yaitu temannya waktu SMP dulu. Mereka sudah hampir sembilan tahun tidak bertemu. Akhirnya sekarang bisa jumpa kembali.

Lalu mereka mulai berbagi kisah setelah sekian lama tidak bertemu.

Kemudian mereka kemudian bergegas menuju apartemen yang disewakan Devid untuk Ayyas selama melakukan penelitian di Rusia selama beberapa bulan.

Ayyas ini adalah seorang mahasiswa dari Indonesia yang juga merupakan seorang santri salaf. Dia adalah seorang mahasiswa yang tekun.

Ayyas merasa sangat perlu untuk melakukan sebuah penelitian di negeri yang paling menjungjung tinggi seks bebas atau free sex yaitu Rusia.

Sebelum berangkat kesana, Ayyas sudah mempersiapkan hati dan harus berjuang mempertahankan keimanan, keyakinan, dan akidahnya.

Akhirnya Ayyas dan Devid sampailah di sebuah apartemen yang sudah disiapkan Devid.

Tanpa diduga, Ayyas dikejutkan dengan sebuah kenyataan bahwa dirinya harus satu apartemen dengan nonik-nonik Rusia yang berparas sangat cantik.

Nonik Rusia tersebut adalah Yelena dan Linor. Padahal sejak kecil ia tidak biasa dengan hal seperti itu, ia lemah terhadap perempuan cantik .

Ayyas seketika menjadi tergoncang dan takut imannya akan runtuh jika harus tinggal bersama mereka. Ia diam sejenak, memikirkan apa yang akan terjadi.

Tiba-tiba Devid menjelaskan bahwa itulah yang terbaik untuk Ayyas . Devid menjelaskan secara detail alasan mengapa Devid memilih apartemen tersebut.

Ayyas pun mendengarkan dengan seksama semua penjelasan Devid, Ayyas pun akhirnya bisa mengerti dan mengikuti semua kata-kata Devid temannya.

Akhirnya Ayyas tinggal di apartemen tersebut. Mulailah Ayyas mengisi perjalanan hidupnya yang dipenuhi dengan banyak godaan.

Godaan wanita cantik adalah yang paling besar, mulai cara berpakaian mereka , sikap, sampai perkataan Linor yang sering sekali mengejek agama Islam.

Di samping itu juga ada seorang asisten professor yang sangat cantik, menawan dan cerdas. Wanita ini betul-betul mempesona.

Oleh karena itu, bayangan wajahnya selalu ada dalam pikiran Ayyas , ia bernama Dr. Anastasia Palazzo. Ayyas merasa cobaan ini sangat berat baginya.

Sementara di apartemen tempat tinggalnya, Ayyas sangat terkejut karena ternyata penghuni disana bukanlah orang baik-baik.

Ayyas pun tahu karena pada Suatu hari, dia memergoki Linor sedang melakukan perzinaan di ruang tamu apartemen mereka bersama seorang anggota mafia Rusia.

Yang lebih mengejutkan adalah mafia itu sendiri terang-terangan mengajak Ayyas untuk berzina bersama mereka.

Mendengar ajakan itu, Ayyas langsung meninggalkan ruang tamu menuju kamarnya tanpa menghiraukan mereka.

Karena kesal, lalu Ayyas menyalakan laptopnya dan memutar lantunan ayat suci Al Qur’an dengan keras. Sampai terdengar oleh sepasang insan zina tersebut.

Lalu karena merasa terganggu, lelaki itu memaki Ayyas sampai timbul perkelahian antara keduanya. Mereka berdua pun cedera dan sakit karena perkelahian.

Hari pun berganti, akhirnya Ayyas tahu bahwa Yelena adalah seorang pelacur kelas kakap dan merupakan seseorang yang tidak percaya akan adanya Tuhan atau atheis.

Di lain pihak ada wanita lain satu apartemen yaitu Linor yang semakin membenci Ayyas, banyak sekali cara yang ia lakukan untuk menhancurkan keimanan seorang Ayyas.

Bukan saja itu, Linor juga melakukan berbagai cara untuk menjebak Ayyas.

Mulai dari berpakaian yang tidak wajar di depan Ayyas, masuk kamar kamar Ayyas secara diam-diam, hingga dia menjebak Ayyas agar menjadi tersangka peledakan bom di sebuah hotel di Rusia.

Tapi untunglah, meskipun banyak jebakan dalam berbagai bentuk, ternyata tidak ada satupun cara yang berhasil meruntuhkan benteng keimanan Ayyas.

Waktu pun terus berjalan, pada suatu hari Yelena mengalami suatu kejadian yang sangat tidak manusiawi.

Ia disiksa dan dibuang begitu saja oleh pelanggannya dari sebuah mobil di jalanan.

Ketika dia dibuang, salju turu sangat lebat. Badan Yelena terasa hancur dan sama sekali tidak ada yang bisa ia gerakan.

Waktu itu Yelena merasa sedang berada di ujung kematian.

Sudah lama dia terkapar, tapi tak ada seorang pun yang menolongnya. Ia tidak tahu apa yang harus ia lakukan, dan pada siapa ia harus minta tolong.

→ "Bersambung:" Awal | 1 | 2 | ... | Lanjutannya → | Akhir