Sinopsis Novel Supernova 4: Partikel – Dewi Lestari

Demi menghargai hak cipta dan jasa sastrawan pujangga, indoSastra menyarankan membeli buku sastra di Toko Buku Online Terpercaya

Sastra Angkatan tahun 2000

Karya: Dewi Lestari (Dee)

Di sebuah kampung yang bernama Batu Luhur yang terletak di Bogor, terdapat sebuah keluarga. Sang Ayah bernama Firas dan memiliki dua orang anak. Yang sulung bernama Zarah dan mempunyai adik dengan jarak umur yang cukup jauh yang bernama Hara.

Di bidang pertanian, kampung Batu Luhur pun terbilang cukup maju. Salah satu dari sebagian penyebab kemajuan tersebut adalah karena adanya andil dari Firas yang merupakan seorang dosen dan ahli Mikologi.

Karena Firas yang sering menolong dan mendidik warga dalam bidang pertanian, maka keluarga ini cukup dihormati oleh warga kampung Budi Luhur. Firas juga mudah bergaul dengan masyarakat. Hubungan keluarga dengan warga kampung berjalan harmonis.

Tapi pada suatu hari warga kampung mulai curiga ketika Firas mulai mengunjungi Bukit Jambul yang dipercaya masyarakat sebagai tempat yang angker. Kecurigaan masyarakat makin meningkat karena Firas setalah itu sering datang ke tempat itu.

Setelah itu kecurigaan warga mulai terbukti. Warga melihat perubahan tingkah laku Firas yang sekarang menjadi aneh. Salah satu contoh adalah dia tidak mau memberikan pendidikan buat anaknya Zarah ke sekolah.

Zarah dididik di rumah saja. Ayahnya mempunyai metode yang tidak lazim dan aneh dalam memberi pelajaran pada anaknya. Anehnya, Zarah malah mampu mengikuti cara Ayahnya tersebut.

Klimaks keanahen terjadi ketika Firas kembali mengunjungi Bukit Jambul, tapi dia tidak kembali pulang selama beberapa hari. Warga yang sudah curiga makin yakin, dan bersama keluarga akhirnya mereka lapor ke kantor polisi dan mulai mencari

Beberapa waktu kemudian, sang ibu mendapat kesempatan untuk menyekolahkan Zarah. Ketika ikut tes masuk, ternyata hasilnya cukup bagus. Zarah langsung masuk SMA walau umurnya belum mencukupi.

Zarah kemudian belajar dengan tekun di SMA. Setelah lulus dia langsung bekerja bekerja sebagai guru di tempat kursus.

Pada suatu hari, tanpa diduga Zarah menerima kiriman paket yang berisi Kamera Nikon. Dia merasa senang dan tertarik, kemudian langsung belajar ilmu pemotretan (photography).

Zarah sangat menikmati hobi barunya dalam jepret menjepret. Hasil karyanya banyak disukai orang. Hingga kemudian memberanikan diri mengikuti lomba photo yang diselenggarakan oleh sebuah majalah.

Pengumuman pemenang lomba lalu diumumkam. Zarah ternyata mendapat hadiah pertama berupa paket wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting.

Taman Nasional Tanjung Puting adalah sebuah taman nasional yang terletak di semenanjung barat daya provinsi Kalimantan Tengah. Taman Nasional ini juga merupakan tempat konservasi orang utan.

Pada akhir paket wisata, Zarah memutuskan untuk tetap tinggal di Tanjung Puting. Dia lalu mengasuh orang utan yang diberi nama Sarah.

Di tempat ini Zarah merasa dekat dengan penduduk setempat. Dia serasa memiliki sebuah keluarga baru. Dalam mengasuh Sarah, Zarah dibantu oleh seorang warga yang bernama Ibu Inga.

Beberapa tahun kemudian. Sebuah stasiun televisi mengutus beberapa orang crew untuk membuat film dokumenter tentang orangutan.

Setelah itu Zarah bertemu dengan kelompok orang asing pencinta Wildlife yang bernama Paul dan Gary. Zarah kemudian diajak untuk bergabung dengan tim mereka.

Kemudian Zarah pergi ke London Inggris bersama Paul. Ini adalah permulaan dari penjelajahan baru buat Zarah. Di London Zarah tinggal dimarkas Paul sebuah apartemen yang tidak terlalu besar ditemani Zach sahabat Paul.

Lalu Zarah diutus untuk pergi ke banyak negara untuk memotret wildlife. Zarah menemukan berbagai pengalaman yang sangat berarti dan menyenangkan. Bakat cinta hewan, alam , dan lingkungan Zarah menjadi tersalurkan.

Setelah melalui berbagai perjalanan ke berbagai penjuru dunia, Zarah menyadari bahwa di Kota London dia bisa menemukan cinta, persahabatan, dan pengkhianatan,

Zarah sekarang kini telah menemukan petunjuk yang sangat dalam usaha mencari sang ayah yang sempat tertunda. Temannya yang bernama Paul telah melacak Kamera Zarah yang didapat dari paket misterius. Setelah itu mengarahkan Zarah ke kota Glastonbury. Semua jawaban atas pertanyaan yang selama ini dia cari akhirnya ditemukan di kota ini.